Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas III di MI Muhammadiyah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016

Rifa’i, Muhammad (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas III di MI Muhammadiyah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FILE PDF KOMPLIT.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rifa’i, Muhammad.2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas III di MI Muhammadiyah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno, S.Si., M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar dan Metode Make a Match Hasil belajar merupakan hasil usaha peserta didik yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan anak terhadap materi yang diberikan untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang. Hasil belajar yang baik merupakan sesuatu yang sangat diharapkan oleh peserta didik, termasuk juga siswa kelas III di MI Muhammadiyah Suruh. Siswa kelas III di MI Muhammadiyah Suruh masih banyak yang mendapatkan prestasi yang bisa dibilang jauh dari memuaskan, Mereka tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik karena metode yang digunakan Guru kelas III adalah metode konvensional saja yaitu dengan metode ceramah dan pemberian tugas saja. Untuk itu guru harus dapat membenahi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang lain yaitu dengan memilih metode yang tepat dengan materi yang akan di sampaikan yaitu metode Make a Match. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Kenampakan Kermukaan Bumi pada siswa kelas III di MI Muhammadiyah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Muhammadiyah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 20 terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Data yang didapat berupa hasil belajar IPA materi Kenampakan Permukaan Bumi yang didapat dari test dan hasil pengamatan Berdasarkan hasil temuan dan analisis didapatkan kesimpulan bahwa metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi materi Kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas III di MI Muhammadiyah Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Dari jumlah siswa keseluruhan kelas III sejumlah 20 siswa pada siklus I persentase siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 15 siswa atau 75% dan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa atau 25% dengan rata-rata kelasnya adalah 70,15 dan pada siklus ke II mengalami peningkatan yang sangat signifikan siswa yang mencapai KKM adalah 18 siswa atau 90% dan 10% atau 2 siswa yang belum tuntas di karenakan memang benar memiliki kemampuan dibawah rata-rata anak normal lainnya, serta kedua anak tersebut cenderung pasif dalam pembelajaran. Dengan rata-rata kelasya adalah 76,5.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:14
Last Modified: 12 Apr 2016 01:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item