Strategi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Menghadapi Pertumbuhan Ekonomi (Study Tentang Strategi Pemasaran BMT Sumber Mulia Tuntang)

Wahid, Ahmad Sofwan (2017) Strategi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Menghadapi Pertumbuhan Ekonomi (Study Tentang Strategi Pemasaran BMT Sumber Mulia Tuntang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TA AHMAD SOFWAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena pemasaran atau marketing memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis atau lembaga keuangan,tetapi seringkali pemasaran ini tidak diprioritaskan. marketing tidaklah sama dengan jualan karena dalam markrting bukannya hanya sekedar jualan saja. Banyak yang kurang menyadari bahwa penerapan strategi marketing yang benar akan memberikan efek yang kuat terhadap perusahaan atau bisnis yang sedang dibangun Tujuan penelitian ini untuk mengetahuistrategi pemasran yang diterapkan BMT Sumber Mulia Tuntang dalam menghadapikompetitor dan bagaimana perkembangan jumlah nasabah setelah menggunakan strategi dan mengetahui produk unggulan BMT Sumber Mulia Tuntang dari para pesaing yang ada di pasar templek. Metodologi penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data skunder.. Dalam mendapatkan informasi penelitian maka dilakukan wawancara dengan Manajer BMT Sumber Mulia , yang ditemui saat jam kerja. Teknis analis yang digunakan adalah analis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Strategi pemasaran yang di terapkan pada BMT Sumber Mulia Tuntang menggunakan beberapa pendekatan yang di sesuaikan dengan kebutuhan. Meliputi strategi pemasaran marketing mix dan pelayanan internal, dari strategi pemasaran dapat di analisa dan di implementasikan dari 4P, yaitu Pleace (tempat), product (produk), price (harga) dan promotion ( promosi), dan BMT Sumber Mulia Menjadikan para Pesaing Sebagi Peluang, dari hasil penelitan yang dilakukan dapat di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang di gunakan BMT Sumber Mulia sudah berhasil dilihat dari Jumlah nasabah yang bertamah dari tahun ketahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2020 06:22
Last Modified: 04 Mar 2020 06:22
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7734

Actions (login required)

View Item View Item