Penggunaan Gawai dan Dampaknya Terhadap Penyimpangan Perilaku Siswa (Studi Kasus Pada Siswa MI Di Kota Salatiga).

FATIMAH, SITI (2020) Penggunaan Gawai dan Dampaknya Terhadap Penyimpangan Perilaku Siswa (Studi Kasus Pada Siswa MI Di Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Penggunaan Gawai dan Dampaknya Terhadap Penyimpangan Perilaku Siswa.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kualitatif dengan design studi kasus yangbertujuan menjelaskan perilaku siswa dalam menggunakan gawai, membuktikandampak penggunaan gawai terhadap penyimpangan perilaku siswa, menemukanupaya pengendalian guru terhadap penggunaan gawai, mendeskripsikan dampakpengendalian gawai terhadap perilaku siswa. Sumber data yang digunakan adalahsumber primer dan sumber sekunder. Lokasi penelitian di MIN Salatiga, MIMa’arif Pulutan, MI Ma’arif Blotongan. Teknik pengumpulan data melaluiwawancara dan observasi. Triangulasi digunakan untuk menguji keabsahan data.Analisis data menggunakan analisis model Miles and Hubermen yang meliputireduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua siswa MI kelas Vmempunyai gawai sendiri. Perilaku mereka dalam menggunakan gawai sebanyak44% game online, 31% youtube, 19% instagram, 3% whatsapp, dan 3% facebook.Durasi mereka bermain gawai sebanyak 11% ≤ 1 jam, 42% 1-2 Jam, dan 47% ≥ 2jam. Dampak negatif penggunaan gawai: sering main game online/offline, malasbelajar, bermain dengan teman yang sama-sama mempunyai gawai, bertemandengan teman yang punya gawai, tidak mau bermain dengan teman sebaya secaraumum, suka berkumpul hanya untuk mabar (main bareng) game online, marahketika gawai diminta oleh orang tua, gawai dianggap merupakan sumber utamauntuk belajar sehingga sumber lain dianggap tidak perlu, gawai dianggapmerupakan sumber kebahagiaan, gawai dianggap satu-satunya teman bermain,meminta gawai agar sama dengan temannya, dan meminta gawai karena barangdianggap keren. Upaya guru mengendalikannya: edukasi mengenai gawai, sanksitegas,dan koordinasi dengan para orang tua. Dampak pengendalian gawaiterhadap perilaku siswa: bersikap positif dalam menggunakan gawai, fokusbelajar, bersosialisasi langsung dengan teman sebaya, dan siswa suka melakukankegiatan positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:33
Last Modified: 05 Mar 2020 06:33
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7761

Actions (login required)

View Item View Item