Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Miftahul Ulum Purwokerto Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2019/2020

Niswah, Mitrofun (2020) Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Miftahul Ulum Purwokerto Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MITROFUN NISWAH 23010150162.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter dinilai sebagai solusi utama dalam memperbaiki karakter dan budaya bangsa. Pemerintah juga melakukan berbagai upaya agar penanaman nilai karakter dapat terintegrasi dalam diri siswa dengan baik disemua jenjang pendidikan. Proses implementasi nilai pendidikan karakter meliputi tahap perencaaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh sekolah dan prilaku siwa yang merupakan wujud dari internalisasi nilai-nilai karakter dalam diri siswa yang berusaha dikembangkan oleh sekolah menjadi perhatian dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter serta hambatan dan solusi yang diupayakan MTs Miftahul Ulum Purwokerto Kabupaten Pati.Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif karena data-data dan hasil yang diperoleh dan dijelaskan berdasarkan deskripsi penulis. Sumber yang ada pada penelitian ini meliputi sumber primer dari hasil wawancara dengan beberapa responden dan sumber sekunder di dapat dari beberapa foto terkait dengan penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Implementasi pendidikan karakter di MTs Miftahul Ulum Purwokerto Kabupaten Pati melalui 3 proses yaitu perencanaan yang berisikan kegiatan pembelajaran dan kegiatan diluar pembelajaran, implementasi yang dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran yang terintegrasi pada setiap mata pelajaran dan luar kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakulikuler dan budaya sekolah, evaluasi dalam kegiatan pembelajaran dapat dilihat dari pedoman penilaian guru sedangkan evaluasi diluar kegiatan pembelajaran dilakukan dengan melihat buku tata tertib siswa. Di MTs Miftahul Ulum Purwokerto Kabupaten Pati juga menerapkan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang peneliti dapatkan dari beberapa responden yaitu: Religius, disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli sosial, rasa ingin tahu, kreatif, percaya diri, kerja keras, demokratis, mandiri, toleransi, cinta tanah air, cinta damai, semangat kebangsaan. Kedua, Hambatan yang dialami saat implementasi pendidikan karakter dari luar yaitu lingkungan masyarakat, keluarga, pengaruh buruk media massa dan pergaulan anak diluar sekolah. Sedangkan hambatan internal itu karena terbentuknya sebuah karakter siswa dari pergaulannya di lingkungan luar dari sekolahan. Solusi, Menata sebuah peraturan dan konsekuensi yang akan di dapatkan oleh peserta didik apabila peraturan tersebut dilanggar. Selain menegur pendidik juga harus mengevaluasi setiap perkembangan sehingga memunculkan ide-ide baru yang dapat diterapkan untuk membentuk karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:56
Last Modified: 06 Mar 2020 02:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7763

Actions (login required)

View Item View Item