Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Non Fiksi Melalui Metode Scramble Berbantu Media Kartu Pada Siswa Kelas V Min Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020

Latifah, Nurun Nihayatul (2020) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Non Fiksi Melalui Metode Scramble Berbantu Media Kartu Pada Siswa Kelas V Min Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NURUN NIHAYATUL LATIFAH 23040150036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi teks non fiksi pada siswa kelas V MIN Salatiga. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode scramble berbantu media kartu dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi teks non fiksi pada siswa kelas V MIN Salatiga tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal.Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan metode scramble berbantu media kartu dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi teks non fiksi dan dapat melampaui target pencapaian 85% dari jumlah seluruh siswa dengan mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus sebanyak 13 siswa yang mencapai KKM atau 43,33% dari keseluruhan siswa kelas V dengan nilai rata-rata 62,67. Kemudian pada siklus I sebanyak 19 siswa yang mencapai KKM atau 63,33% dari keseluruhan siswa kelas V dengan nilai rata-rata 70,67. Sedangkan pada siklus II sebanyak 26 siswa yang mencapai KKM atau 86,67% dari keseluruhan siswa kelas V dengan nilai rata-rata 90. Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,34%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:59
Last Modified: 06 Mar 2020 02:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item