Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bagun Ruang Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas VIIIA SMPN 3 Kertek Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2018/2019

Dijaya, Kuwat (2020) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bagun Ruang Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas VIIIA SMPN 3 Kertek Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dijaya, Kuwat. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas VIIIA SMPN 3 Kertek Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Winarno, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Bangun Ruang, dan Make a Match. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas VIIIA di SMPN 3 Kertek kabupaten Wonosobo. Nilai rata-rata kelas tergolong sangat rendah yaitu 35,54. Metode yang digunakan masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa mudah sekali bosan dan jarang memperhatikan. Penggunaan metode pembelajaran Make a Match bertujuan agar dapat dijadikan solusi dari permasalahan di atas. Hal ini karena metode pembelajaran Make a Match salah satu metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada 29 April 2019 dan siklus II dilaksanakan pada 30 April 2019. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMPN 3 Kertek dengan jumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Make a Match pada kelas VIIIA SMPN 3 Kertek dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II meningkat. Yaitu dari pra siklus atau sebelum adanya tindakan yang hasilnya tidak ada siswa yang mencapai KBM 70 dengan rata-rata kelas sebesar 35,54. Pada siklus I naik yaitu yang mencapai KBM 70 ada 9 siswa atau 32,14% dan 19 siswa atau 67,86% lainnya belum mencapai KBM 70 dengan rata-rata kelas sebesar 59,09. Kemudian pada siklus II mengalami kenaikan lagi. Siswa yang mencapai KBM 70 pada siklus II adalah 25 siswa atau 89,29% dari 28 siswa yang mengikuti. Berarti hanya 3 siswa atau 10,71% dari 28 siswa yang tidak mencapai KBM 70 dengan rata-rata kelas sebesar 82,89.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2020 11:35
Last Modified: 09 Mar 2020 11:35
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item