Keefektifan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Strategi Pembelajaran Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bringin Tahun Pelajaran 2018/2019

Solikah, Afidatus (2020) Keefektifan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Strategi Pembelajaran Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bringin Tahun Pelajaran 2018/2019. [UNSPECIFIED]

[img] Text
S K R I P S I _ M E A _ A F I D ATUS.pdf

Download (6MB)

Abstract

Solikah, Afidatus. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Strategi Pembelajaran Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bringin Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Sudi Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Means Ends Analysis; Strategi Heuristik; Kemampuan Pemecahan Masalah. Keadaan siswa di SMP N 2 Bringin diketahui bahwa penguasaan materi matematika oleh siswa masih tergolong rendah khususnya dalam pemahaman soal yang berbentuk soal pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan model dan strategi pembelajaran yang dikonstruksikan menjadi satu yaitu model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan strategi pembelajaran heuristik. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan rata-rata posttest yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin antara yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi pembelajaran heuristik dan model pembelajaran konvensional, (2) Apakah terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin antara yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi pembelajaran heuristik dan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25.0 dengan uji Independent Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Means Ends Analysis dengan strategi pembelajaran heuristik efektif dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin. Hal tersebut dapat dilihat dari kriteria pembelajaran efektif yaitu (1) terdapat perbedaan rata?rata posttest yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 antara yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi pembelajaran heuristik dan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin antara yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan strategi pembelajaran heuristik dan model pembelajaran konvensional.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2020 14:57
Last Modified: 08 Jun 2020 08:25
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7788

Actions (login required)

View Item View Item