UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Andriyani, Dwi Iin (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi DWI IIN ANDRIYANI 23070150071 Tadris Matematika IAIN Salatiga.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah hasil pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika Materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran matematika materi segiempat kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga tahun 2019. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dilihat pada keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 55,60% dan meningkat pada siklus II menjadi 77,58%. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dapat dilihat hasil belajar dari kondisi awal, ke siklus I dan ke siklus II. Pada kondisi awal, 7 siswa atau 24,14% yang tuntas belajar dan 22 siswa atau 75,86% belum tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 17 siswa atau 58,62% yang tuntas belajar dan 12 siswa atau 41,38% belum tuntas. Pada siklus II 26 siswa atau 89,66% yang tuntas belajar dan 3 siswa atau 10,34% siswa belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2020 09:59
Last Modified: 08 Jun 2020 06:58
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7809

Actions (login required)

View Item View Item