PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI MELALUI METODE SCRAMBLE DAN MEDIA PAGAR PADA SISWA KELAS IV MI NEGERI 3 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kholifah, Siti (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI MELALUI METODE SCRAMBLE DAN MEDIA PAGAR PADA SISWA KELAS IV MI NEGERI 3 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI KHOLIFAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Media Pagar Hasil Belajar IPA di MI Negeri 3 Semarang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang masih di bawah nilai KKM (70). Hal tersebut dikarenakan penyampaian materi yang terkesan monoton, sehingga siswa kurang tertarik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Terbukti dengan hasil belajar yang diperoleh siswa pada pra siklus, dimana sebagian besar siswa belum mampu untuk mencapai nilai KKM. Hal inilah yang melandasi penulis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sumber energi melalui metode scramble dan media pagar pada siswa kelas IV MI Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B MI Negeri 3 Semarang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumulan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode scramble dan media pagar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi pada siswa kelas IV MI Negeri 3 Semarang tahun 2019. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: standar KKM mata pelajaran IPA adalah 70, sebelum menggunakan metode scramble dan media pagar hanya ada 31,03% atau 9 siswa yang tuntas belajar sedangkan 68,97% atau 20 siswa belum tuntas belajar. Setelah menggunakan metode scramble dan media pagar dalam pembelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 58,62% atau 17 siswa tuntas belajar dan 41,38% atau 12 siswa belum tuntas belajar. Setelah dilakukan refleksi pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 89,65% atau 26 siswa tuntas belajar dan 10,35% atau 3 siswa belum tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:06
Last Modified: 16 Mar 2020 04:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7816

Actions (login required)

View Item View Item