PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SUSUKAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Huda, Maulana Mifakhul (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SUSUKAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Maulana Miftakhul Huda 23070150070.pdf

Download (7MB)

Abstract

Huda, Maulana Miftakhul . 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Melalui Metode Make a Match SMP Muhammadiyah Susukan Tahun 2019/2020. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Dr. Winarno, S.Si, M.Pd Kata Kunci: Make a Match. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi bilangan melalui metode make a match pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Susukan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 20 putra dan 6 putri. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan metode pembelajaran Make a Match dalam pembelajaran matematika materi bilangan. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah Make a Match, dengan cara mencari pasangan soal atau jawaban yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dapat diketahui rata-rata hasil belajar siswa adalah 30,76% sebanyak 8 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 18 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Kriteria Ketuntasan Minimum sendiri adalah 75. Sedangkan pada siklus II rata-rata mencapai 92,30% dengan 24 siswa yang sudah tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) dan 2 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Melihat kenaikan yang didapat dari siklus II maka dengan indikator keberhasilan sudah tercapai maka penelitian diberhentikan. Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Susukan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2020 09:21
Last Modified: 08 Jun 2020 04:35
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7840

Actions (login required)

View Item View Item