PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED IMSTRUCTION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII A MTs NU SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020

Jaziroh, Aniyatul (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED IMSTRUCTION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII A MTs NU SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jaziroh, Aniyatul. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Intruction (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII A MTs NU Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata Kunci: Team Accelerated Instruction (TAI), Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Pola Bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika materi pola bilangan, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan desain pretest – posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIII A (kelas eksperimen) dan VIII B (kelas kontrol) MTs NU Salatiga, masing-masing 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi soal pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dilakukan uji regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi pola bilangan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen 69,10 dan rata-rata kelas kontrol 53,21. Dari pengujian regresi linear sederhana nilai (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Kemudian didapat nilai koefisien determinasi R Square adalah 0,415, jadi besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 41,5%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2020 11:53
Last Modified: 08 Jun 2020 03:07
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7846

Actions (login required)

View Item View Item