Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas VII SMPN 6 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020

Wardani, Sri (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas VII SMPN 6 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardani, Sri. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP N 6 Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VII SMP N 6 Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi bilangan bulat dan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F dan VII I SMP N 6 Salatiga. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Hasil uji One Sample t Test menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu sebesar 77,11 untuk kemampuan berfikir tingkat tinggi. Sementara pada hasil uji Independent Sample t Test juga diperoleh nilai signifikansi 0,025 untuk kemampuan berfikir tingkat tinggi. Selain itu pada rata-rata skor N-Gain kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen sebesar 0,40 lebih dari rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 0,28. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VII SMP N 6 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020 pada materi bilangan bulat dan pecahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2020 12:34
Last Modified: 19 Mar 2020 12:34
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7851

Actions (login required)

View Item View Item