Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Al-Qur’an dan Hadist Pada SubtemaManusia dan Lingkungan

FAIZAH, AINI NUR (2020) Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Al-Qur’an dan Hadist Pada SubtemaManusia dan Lingkungan. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS LENGKAP AINI PDF NEW.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi buku ajar tematik sub temaManusia dan Lingkungan kelas V di MI Ma’arif Pulutan Salatiga, melakukanpengembangan buku ajar tematik berbasis Al-Qur’an dan hadist pada sub temaManusia dan Lingkungan dan mengetahui efektivitas pengembangan buku ajartematik berbasis Alqur’an dan hadist pada sub tema Manusia dan Lingkunganterhadap hasil belajar siswa Kelas V di MI Ma’arif Pulutan Salatiga. Metodepenelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research andDevelopment) dengan model pengembangan ADDIE.Hasil penelitian menunjukan bahwa spesifikasi buku ajar tematik siswayang digunakan di MI Ma’arif Pulutan Salatiga dilihat dari struktur materinyamasih bersifat umum, belum Islami karena tidak menampilkan ayat Al-Qur’an danHadits, tidak menampilkan kompetensi dasar disetiap kegiatan pembelajaran, tidakada evaluasi akhir disetiap subtema sehingga membutuhkan pengembangan bukuajar tematik. Pengembangan dilakukan melalui tahap Analisis, Design,Development, Implementation and Evaluation. Tahap analisis dengan menganalisiskebutuhan buku ajar tematik berbasis Al-Qur’an dan hadits; tahap desain denganmerancang konsep pengembangan buku ajar tematik berbasis Al-Qur’an dan hadits;tahap pengembangan dengan melakukan penataan isi dan struktur bahan ajardisetiap kegiatan pembelajaran, pencantuman kompetensi dasar dalam setiapkegiatan pembelajaran, penambahan materi pembelajaran yang lebih luasberdasarkan ayat Al-Qur’an dan Hadits serta melakukan uji kelayakan produk.Hasil uji validitas ahli menyatakan bahwa buku ajar tematik berbasis Al-Qur’an danhadits sangat valid sehingga sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajarandengan persentase 87,85%; Pada tahap implementasi dilakukan uji coba kelompokbesar yang hasilnya buku ajar tematik berbasis Al- Qur’an dan hadits dapatmeningkatkan nilai ketuntasan sebesar 92% sehingga buku ajar tematik berbasisAl-Qur’an dan Hadits efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Kata Kunci: Buku ajar tematik, Al-Qur’an dan Hadits, Manusia dan Lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2020 03:02
Last Modified: 23 Mar 2020 03:02
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7862

Actions (login required)

View Item View Item