Pengembangan Materi ajar e-book Interaktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bab Menghindari Minuman Keras Judi dan Pertengkaran Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa

HANJAYANI, ASRI NARISWARI (2020) Pengembangan Materi ajar e-book Interaktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bab Menghindari Minuman Keras Judi dan Pertengkaran Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis fix 2.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Hanjayani, Asri Nariswari 2020. Pengembangan Materi Ajar E- Interaktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bab Menghindari Minuman Keras Judi dan Pertengkaran Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa Kabupaten Semarang. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Ruwandi, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Materi Ajar E-Interaktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bab Menghindari Minuman Keras Judi dan Pertengkaran Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa Kabupaten Semarang. Materi ajar yang digunakan di SMP Negeri 4 Ambarawa belum memenuhi materi yang lengkap serta buku ajar masih jauh dari kriteria buku ideal, pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Ambarawa yaitu guru masih banyak menggunkan metode ceramah dalam pembelajaranya, selain dari pada itu sumber belajar yang digunakan terbatas, sehingga kurang menarik semangat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran yang inovatif dan menarik agar dapat membangkitkan minat serta motivasi siswa yaitu dengan mengembangkan materi ajar e-interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang pengembangan Buku ajar e-book interaktif , Design membuat rancangan produk E-book interaktif, Development mengembangkan E-book Interaktif yang kemudian mendapat penilaian dari tim ahli guna perbaikan; Implementation mengimplementasikan E-book Interaktif sebagai bahan penunjang pembelajar; dan Evaluation hasil evaluasi menunjukkan bahwa E-Book Interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa sangat layak. Jumlah subjek penelitian adalah 25 siswa. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket dan hasil lembar jawab siswa. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, 1) siswa membutuhkan materi ajar Pendidikan Agama Islam yang inovatif, menarik, dan dapat meningkatkan aspek kognitif siswa; 2) bentuk pengembangan berupa E-book Interaktif melalui langkah analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi; dan 3) pengembangan buku ajar e-book interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terbukti efektif meningkatkan aspek kognitif siswa yaitu hasil lembar kerja siswa (uji paired sample t test, p = 0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2020 15:19
Last Modified: 23 Mar 2020 15:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7873

Actions (login required)

View Item View Item