Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Virtual Smart Fraction Berbasis Adobe Flash

GIYANTO, (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Virtual Smart Fraction Berbasis Adobe Flash. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS - GIYANTO - PGMI - 2020.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS - GIYANTO - PGMI - 2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Giyanto, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Virtual Smart Fractions Berbasis Adobe Flash. Tesis. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno, M.Pd. Matematika merupakan pelajaran yang menakutkan, mebosankan, dan dirasa sulit bagi peserta didik. Tidak terkecuali pada materi pecahan. Perubahan dari pecahan biasa, desimal, campuran, dan perubahan menjadi persen atau sebaliknya menjadi masalah tersendiri. Permasalahan itu tidak lepas dari kurangnya kemampuan guru dalam penguasaan teknologi sehingga menghabat mereka untuk membuat media pembelajaran yang interaktif. Seharusnya guru menggunakan media yang dapat membuat peserta didik mudah memahami materi, aktif, interaktif dan senang saat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran matematika materi pecahan yang efektif, praktis, interaktif, dan inovatif. Latar belakang dari penelitian ini yaitu adanya guru SD/MI yang belum banyak menggunakan media pembelajaran terlebih media interaktif dalam pembelajaran pecahan. Hal tersebut menyebabkan peserta didik bosan, pasif dan kesulitan dalam belajar pecahan. Dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini peneliti menggunakan langkah-langkah Borg and Gall yang terdiri dari: 1) pencarian dan pengumpulan data ; 2) perencanaan ; 3) mengembangkan bentuk produk awal; 4) uji coba lapangan awal; 5) revisi hasil uji coba lapangan awal; 6) uji coba lapangan utama; 7) revisi produk operasional; 8) uji coba lapangan operasional; 9) penyempurnaan produk akhir; 10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah kelas IVa MIN 3 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah 29 peseta didik. Adapun rincianya 5 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil dan 29 untuk kelompok besar. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis diskriptif. Teknis pengumpulan adalah menggunakan instrumen berupa kuesioner (angket) dan soal test (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Virtual Smart Fractions termasuk dalam katagori pengembangan medi pembelajaran yang sangat layak dan sangat efektif digunakan. Kelayakan media tersebut berdasarkan hasil validasi dari ahli media dengan prosentase total sebesar 93.33 %, dan ahli materi dengan prosentase yaitu 96,25%. Efektifitas media ini dapat dilihat dari hasil uji kelompok kecil dengan prosentase 96,36 % dan hasil uji kelompok besar 95,14 %. Media pembelajaran ini juga dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas dari 62.58 menjadi 89,82. Media pembelajaran Virtual Smart Fractions ini masuk pada kategori valid, sangat layak, dan sangat efektif digunakan. Kata Kunci: Virtual Smart Fractions, Media pembelajaran, Pecahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2020 15:10
Last Modified: 02 Apr 2020 15:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7921

Actions (login required)

View Item View Item