Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam Menurut Fatima Mernissi dan K.H. Husein Muhammad

Indriyani Yuli, Astuti (2020) Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam Menurut Fatima Mernissi dan K.H. Husein Muhammad. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI INDRIYANI Y A.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan 1).Pemikiran Fatima Mernissi dan K.H. Husein Muhammad mengenai kesetaraangender dalam pendidikan Islam. 2). Komparasi pemikiran Fatima Mernissi danK.H. Husein Muhammad tentang kesetaraan gender dalam pendidikan Islam. 3).Relevansi kekinian pemikiran Fatima Mernissi dan K.H. Husein Muhammadtentang kesetaraan gender dalam pendidikan Islam dengan konsep pendidikanIslam.Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan/library research,adapun data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Penulis jugamenggunakan hasil wawancara dengan K.H. Husein Muhammad. Metode yangdigunakan adalah deskriptif komparasi pemikiran kedua tokoh kemudian dianalisis dan direlevansikan dengan kondisi pendidikan Islam sekarang.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semua manusia berhakmendapatkan pendidikan tanpa dibatasi jenis kelamin. Kedua tokoh tersebutmemiliki tujuan yang sama yakni menyuarakan kesetaraan dalam pendidikan bagiperempuan dengan corak berpikir yang berbeda. Saat ini sebagian besar lembagapendidikan di Indonesia telah menerapkan sistem keadilan gender dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 01:45
Last Modified: 30 Apr 2020 01:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item