PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 2 MI DARUSSALAM BANCAK KEC. BANCAK KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Umi Azizatun, Nasichah (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 2 MI DARUSSALAM BANCAK KEC. BANCAK KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
umi azizatun nasichah (23040150143).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran scramble dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Menulis pada siswa kelas II MI Darussalam Bancak kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Darussalam Bancak yang terdiri dari 29 siswa 14 Laki-laki dan 15 Perempuan. Penelitian ini dilaksanakan krang lebih 1 Bulan, yaitu bulan Agustus-September 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Data yang diperoleh pada tahap pra siklus dari 29 siswa dengan KKM yang ditentukan oleh madrasah sebesar ≥70 diketahui hanya 10 (35%) siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 19 (65%) siswa yang tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali sebanyak 26 (90%) siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Klasikal yang telah ditentukan yaitu sebesar 85%. Serta adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap tahapnya, dari tahap pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 30% dan dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 25%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis pada siswa kelas II MI Darussalam Bancak Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:25
Last Modified: 30 Apr 2020 02:25
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7970

Actions (login required)

View Item View Item