PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MEDIA VISUAL PKB PADA SISWA KELAS IV DI MI YASPI BANYUSIDI II PAKIS MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mudi, Mudi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MEDIA VISUAL PKB PADA SISWA KELAS IV DI MI YASPI BANYUSIDI II PAKIS MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi mudi (23040150080).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya hasil belajar siswa kelas IV yang belum tuntas pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Teams Games Tournament dan Media Visual PKB dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi KPK dan FPB pada siswa kelas IV di MI YASPI Banyusidi II Pakis Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan PTK(Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus, dimana pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis, observasi/pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan membandingkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya dengan KBM yang telah ditentukan oleh MI YASPI Banyusidi II. Keberhasilan penelitian ini berdasarkan indikator keberhasilan sudah tercapai secara individu dan klasikal. Hasil penelitian ini yang menunjukan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dan Media Visual PKB dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi KPK dan FPB pada siswa kelas IV. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil Pra siklus yang sudah tuntas sebanyak 5 siswa (17,8%) dan sebanyak 23 siswa (82,2%) yang belum tuntas, kemudian pada tahap siklus I yang mengalami peningkatan sebanyak 21 siswa (75%) yang telah tuntas dan sebanyak 7 siswa (25%) yang belum tuntas dan selanjutnya pada tahap siklus II mengalami peningkatan sebanyak 25 siswa (89,2%) yang telah tuntas dan sebanyak 3 siswa (10,8%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil pada siklus II yang telah mencapai keberhasilan sebanyak 89,2%. Maka penelitian ini dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:44
Last Modified: 30 Apr 2020 02:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7972

Actions (login required)

View Item View Item