PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Tiara Zulfi Eka, Triana (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TIARA ZULFI EKA TRIANA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengaruh model problem based learning dengan pendekatan pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa kelas X MIPA SMA N 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata Kunci: Model Problem Based Learning; Pendekatan Open-Ended; Berpikir Kritis Matematis; Berpikir Kreatif Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan pendekatan pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa kelas X MIPA SMA N 1 Tengaran, Kabupaten Semarang pada materi Dimensi Tiga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti saat PPL bahwa masih banyak anak yang belum bisa menyelesaikan soal-soal matematika berbentuk cerita, hal ini menandakan rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan kreatif, dan adanya potensi model problem based learning dengan pendekatan pembelajaran open-ended yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling. Siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis yang menggunakan Uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model problem based learning dengan pendekatan pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, dilihat dari perbedaan kenaikan rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 26,33% sedangkan kelas kontrol yaitu 8,67%. (2) Ada pengaruh model problem based learning dengan pendekatan pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, dilihat dari perbedaan kenaikan rata-rata pada kelas eksperimen yaitu sebesar 27% sedangkan kelas kontrol sebesar 13,67%. Hasil uji paired t-test juga menunjukkan bahwa ada pengaruh model PBL dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis dengan nilai probabilitas (p < 0,05). Berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai sebelum perlakuan (pretest) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (posttest) baik untuk tes kemampuan berpikir kritis maupun berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 03:14
Last Modified: 30 Apr 2020 03:14
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7975

Actions (login required)

View Item View Item