INTEGRASI MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

MAKARIM, ZAINUL (2020) INTEGRASI MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS fiks.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum hendaknya dinamis, mengikuti perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat kecerdasan peserta didik, kultur, sistem nilai, serta kebutuhan masyarakat. Penghapusan IPA dalam Kurikulum 2013 dan mengintegrasikannya ke dalam Bahasa Indonesia untuk tingkat SD/MI khususnya bagi kelas rendah bertujuan untuk menyederhanakan struktur kurikulum. Hal ini dapat mengurangi esensi, urgensi, dan efektivitas pembelajaran IPA, karena materi IPA menjadi terkurangi porsinya dan hanya menjadi bagian dari Bahasa Indonesia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran materi IPA yang terintegrasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan kepada siswa secara tematik di MI Se-Kecamatan Suruh yang meliputi perencanaan (input), pelaksanaan (proses), dan evaluasi ( output).Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian berupa sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen kunci penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi teknik analisis data serta teknik keabsahan data.Temuan peneliti pada MI se-kecamatan Suruh meliputi, 1) Perencanaan pembelajaran integrasi materi IPA dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, media, alat, dan sumber pembelajaran yang menjadi rujukan bagi guru untuk menunjang terlaksananya proses pembelajaran dalam mengintegrasikan materi IPA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang kelas I; 2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan mengamati melalui stimulation, kegiatan menanya melalui problem statement, kegiatan menalar melalui data collection, kegiatan mengasosiasi melalui data processing dan verification, serta kegiatan mengkomunikasikan melalui generalization. Peneliti menyimpulkan bahwa guru telah melakukan aktivitas proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi IPA yang diintegrasikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, namun pelaksanaannya belum maksimal karena ada guru yang tidak mengimplementasikan sebagian tahapan dalam proses pembelajaran di kelas; 3) Evaluasi atau penilaian, terdiri atas penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian sikap dan pengetahuan telah berjalan baik, namun dilihat dari segi penilaian keterampilan belum terpenuhi dengan baik karena indikator penilaian keterampilan tidak digunakan secara optimal oleh guru. Penilaian masih terbatas pada tes praktik, sedangkan proyek dan portofolio belum diterapkan secara baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 05:20
Last Modified: 30 Apr 2020 05:20
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7988

Actions (login required)

View Item View Item