PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKAMATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII AMTs NU SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020

JAZIROH, ANIYATUL (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKAMATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII AMTs NU SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANIYATUL JAZIROH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuanpemecahan masalah dalam pembelajaran matematika materi pola bilangan, danuntuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipeTeam Accelerated Instruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalahdalam pembelajaran matematika materi pola bilangan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimentaldengan desain pretest – posttest control group design. Pengambilan sampel dalampenelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIII A (kelaseksperimen) dan VIII B (kelas kontrol) MTs NU Salatiga, masing-masing 28siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal dan dokumentasi. Instrumenpenelitian ini meliputi soal pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dilakukan ujiregresi linear sederhana, dan koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajarankooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) berpengaruh terhadapkemampuan pemecahan masalah matematika materi pola bilangan. Hal tersebutdapat dilihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen 69,10 dan rata-rata kelaskontrol 53,21. Dari pengujian regresi linear sederhana nilai (Sig.) sebesar 0,000lebih kecil dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterimasehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team AcceleratedInstruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaranmatematika. Kemudian didapat nilai koefisien determinasi R Square adalah 0,415,jadi besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team AcceleratedInstruction (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 41,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 06:06
Last Modified: 30 Apr 2020 06:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item