PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS III MI PERWANIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ayu Hapsari, Farida (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS III MI PERWANIDA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FARIDA AYU HAPSARI 23040150040.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hapsari, Farida Ayu. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Lingkungan Alam dan Buatan Melalui Strategi Active Knowledge Sharing Dengan Media Pop Up Book Pada Peserta Didik MI Perwanida Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Active Knowledge Sharing, Pop Up Book, Lingkungan Alam dan Buatan. Hasil belajar IPS di kelas III MI Perwanida Salatiga masih rendah, terbukti dengan adanya hasil belajar siswa yang nilainya kurang dari KBM (Ketuntasan Belajar Minimal) 70. Hal ini dikarenakan belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif dalam melibatkan siswa, sehingga proses belajar mengajar belum optimal, sehingga perlu adanya gaya belajar yang diubah menjadi Strategi Active Knowledge Sharing yang menekankan pada keaktifan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing dengan Media Pop Up Book pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik MI Perwanida Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020 ? Tujuan yang hendak dicapai penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Apakah Penggunaan Strategi Active Knowledge Sharing dengan Media Pop Up Book pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik MI Perwanida Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Perwanida Salatiga yang berjumlah 28 siswa meliputi 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, soal evaluasi, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ?85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Active Knowledge Sharing dan Media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Perwanida Salatiga tahun 2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II yaitu 25%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 64,28% siswa tuntas belajar atau 18 siswa tuntas dan 10 siswa belum tuntas, dan Siklus II 89,28% atau 25 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas belajar. Guru memberikan remidiasi kepada 10,71% (3 siswa) yang tidak tuntas belajar mandiri berupa latihan-latihan atau remidi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 06:36
Last Modified: 30 Apr 2020 06:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7995

Actions (login required)

View Item View Item