PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI PERTUMBUHANILMU PENGETAHUAN PADA MASA ABBASIYAH MENGGUNAKANMETODE GUIDE NOTE TAKING (GNT) PADA SISWA KELAS VIII ASMP N 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HARUN ARROSYID, MUHAMMAD (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI PERTUMBUHANILMU PENGETAHUAN PADA MASA ABBASIYAH MENGGUNAKANMETODE GUIDE NOTE TAKING (GNT) PADA SISWA KELAS VIII ASMP N 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi jadi.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Guide NoteTaking dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi pertumbuhan ilmupengetahuan pada masa Abbasiyah pada siswa VIII A SMP N 4 Salatiga. Subjekpenelitian terdiri dari 40 siswa, yakni 12 siswa laki-laki dan 28 siswi perempuan.Penelitian dilakukan selama 8 hari, mulai tanggal 2 September 2019 sampai 9September 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiridari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perenvcanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitiadalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisa data yang digunakanpeneliti adalah membandingkan nilai pencapaian KKM yang ditandai denganadanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya.KelebihanPTK ialah lebih praktis dan langsung relevan.Berdasarkan hasil peneltian pada siklus I dan II, diperoleh data sepertiberikut : KKM pada mata pelajaran PAI adalah 70, sebelum mengunakan metodeGuide Note Taking hanya ada 16(40%) siswa yang tuntas, sedangkan 24(60%)siswa belum mencapai KKM. Siklus I dilaksanakan mengalami peningkatan,28(70%) siswa yang tuntas, sedangkan 12(30%) siswa belum mencapai KKM.Setelah dilakukan refleksi pada siklus II, terjadi peningkatan sebanyak 36(90%)siswa tuntas dan 4(10%) siswa belum mencapai KKM. Secara Klasikal, siklus akanberhenti apabila mendapat skor nilai ≥ 85% dari total siswa dalam satu kelas. Untuk siswayang belum tuntas akan diberikan remidial khusus oleh guru.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metodeGuide Note Taking , hasil belajar PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan padamasa Abbasiyah siswa VIII A SMP N 4 Salatiga meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 06:40
Last Modified: 30 Apr 2020 06:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7996

Actions (login required)

View Item View Item