PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAKMATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIRDENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECKPADA SISWA KELAS IX MTs PESANTREN SATU ATAP MANBAUS SA’DIYAH KALIWINONGKECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PRASTIWI, RISKA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAKMATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIRDENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECKPADA SISWA KELAS IX MTs PESANTREN SATU ATAP MANBAUS SA’DIYAH KALIWINONGKECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN fix pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak pada siswa kelas IX MTs Pesantren Satu Atap Manbaus Sa’diyah Kaliwinong Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dilatarbelakangi karena masih terdapat peserta didik yang nilainya masih di bawah Kriteria Belajar Minimal (KBM) yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah yakni 75. Hal ini memungkinkan karena kurangnya penerapan metode yang tepat dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah Penerapan Metode Pair Check dapat Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Beriman Kepada Hari Akhir Pada Siswa Kelas IX MTs Pesantren Satu Atap Manbaus Sa’diyah Kaliwinong Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah kelas IX MTs Pesantren Satu Atap Manbaus Sa’diyah Kaliwinong Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang yang berjumlah 24 siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian melalui metode Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 11 anak (45,8%) dari 24 siswa dengan nilai rata-rata kelas 71. Pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas adalah 16 anak (66,7%). Adapun pada siklus II terdapat 22 anak (91,7%) telah mencapai KBM. Jadi pada pra siklus ke siklus I ketuntasan meningkat sebesar 20,9% dan dari siklus I ke siklus II ketuntasan meningkat sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 06:44
Last Modified: 30 Apr 2020 06:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7998

Actions (login required)

View Item View Item