PENGEMBANGAN MODEL INTERNALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA SEKOLAH SEHAT DI SMP NEGERI 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019

NAJMUNA, IMANIA (2020) PENGEMBANGAN MODEL INTERNALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA SEKOLAH SEHAT DI SMP NEGERI 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
THESIS IMANIA PDF.pdf

Download (7MB)
[img] Text
PUBLIKASI ILMIAH IMANIA PDF.pdf

Download (394kB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Model Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Melalui Integrasi Nilai Islam dalam Meningkatkan Budaya Sekolah Sehat di SMP Negeri 2 Tengaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan model internalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab dalam meningkatkan budaya sekolah sehat, melakukan pengembangan model internalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab melalui integrasi nilai Islam, dan mengetahui efektivitas pengembangan model internalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab melalui integrasi nilai Islam dalam meningkatkan budaya sekolah sehat di SMP Negeri 2 Tengaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan observasi dan wawancara dibutuhkan pengembangan suatu model yang lebih terstruktur dalam upaya peningkatan sekolah sehat. Pengembangan model yang dilakukan yaitu dengan mengintegrasikan nilai Islam. Model yang dikembangkan yaitu model 5 M yang menjadi model pembiasaan siswa dalam upaya internalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab dalam meningkatkan budaya sekolah sehat di SMP Negeri 2 Tengaran. Uji validitas ahli menyatakan bahwa model 5 M sebagai produk pengembangan dalam upaya internalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab sangat layak digunakan dengan persentase 91% berasal dari ahli pendidikan dan presentase 82% dikategorikan layak digunakan berasal dari ahli kesehatan. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba kelompok besar yang hasilnya bahwa pengembangan model 5 M efektif digunakan dalam kegiatan pembiasaan di lingkungan sekolah sebagai upaya internalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab dalam meningkatkan budaya sekolah sehat dengan kenaikan persentese 7.8% dari 81.0% menjadi 88.8%. Kata Kunci: Model, Internalisasi Karakter, Peduli Lingkungan, Tanggung Jawab, Sekolah Sehat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2020 06:55
Last Modified: 30 Apr 2020 06:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item View Item