MORAL RECONSTRUCTION OF ELEMENTARY EDUCATIONAL LEVEL STUDENTS IN MILLENNIAL ERA: A SCIENTIFIC APPROACH PERSPECTIVE

M.Pd, Dr. BUDIYONO SAPUTRO, S.Pd, (2020) MORAL RECONSTRUCTION OF ELEMENTARY EDUCATIONAL LEVEL STUDENTS IN MILLENNIAL ERA: A SCIENTIFIC APPROACH PERSPECTIVE.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model rekonstruksi moral siswa jenjang pendidikan dasar era mileneal dari perspektif pendekatan sainstifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Pembentukan model dan diskripsi model mengacu pada Kurikulum 2013 jenjang pendidikan dasar. Model rekontruksi moral dibangun secara adaptif berdasarkan langkah-langkah metode Research & Development. Subyek penelitian ini adalah Guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang sedang studi lanjut pada Magister Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Program Pascasarjana IAIN Salatiga, Indonesia. Data penelitian diambil dengan metode observasi, wawancara, angket skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar melakukan pelanggaran moral di lingkungan formal maupun non-formal sebesar 30% per tahun. Analisis kebutuhan konsep model rekonstruksi moral siswa dengan rerata 3.15 termasuk kategori butuh. Model rekonstruksi moral hasil penelitian memiliki tahapan yang secara langsung dapat membangun habituasi nilai-nilai ilmiah dalam perilaku kehidupan sehari-hari siswa, yaitu: mendengar, memperhatikan, komunikasi, kerjasama, bertanya, melakukan, berpikir, saling menghargai, jujur, tanggung jawab dan disiplin. Keywords: mileneal, model rekonstruksi moral, pendekatan sainstifik.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 May 2020 20:32
Last Modified: 07 May 2020 20:32
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8037

Actions (login required)

View Item View Item