SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019-2020

AULIADINA, ALMIRA WAHYU (2020) SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019-2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ALMIRA KOMPLIT 72-92 BENER TENAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ALMIRA KOMPLIT 72-92 BENER TENAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ALMIRA KOMPLIT 72-92 BENER TENAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ALMIRA KOMPLIT 72-92 BENER TENAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ALMIRA KOMPLIT 72-92 BENER TENAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ALMIRA KOMPLIT 72-92 BENER TENAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ALMIRA KOMPLIT 72-92 BENER TENAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi almira pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wahyu, Almira. (2020). Sistem Boarding School dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri Salatiga (Iain Salatiga). Pembimbing Moh Hafidz, M. Ag Kata kunci: Sistem Boarding School, Prestasi Non Akademik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem boarding school dalam memanajemen atau mengelola boarding school dan kelebihan boarding school yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Kendal Tahun Pelajaran 2019-2020 Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Kendal, pada bulan desember 2019. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, ustadz dan ustadzah beserta santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triaggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Keterlibatan peneliti secara langsung dan aktif dengan informan atau narasumber dan sumber data lainnya. Hasil penelitian mengungkapkan mengenai: 1. Manajemen boarding school di MAN Kendal dibagi menjadi 4 tahapan yaitu: a. Perencanaan boarding school memiliki program diantaranya yaitu, pertama Mahad Tahfidul Qur’an Wa Ulumuddiniyah/TAD (Tahfidz dan Ilmu Keagamaan) yaitu diajarkan selain tahfidz juga diajarkan kitab-kitab seperti safinatunnajah, ta’limul muta’alim, at-tibiyan dst, kedua Mahad Tahfidzul Qur’an wa Ulumutthobi’iyah/TAT (Tahfidz dan Sains), yaitu disediakan fasilitas penunjang seperti adanya lab laboratorium, lab. Bahasa, perpustakaan dst b. Pengorganisasian diantaranya membuat program yang sudah terintegratif dengan pembelajaran yang ada di Madrasah c. Pelaksanaan kegiatan sudah terjadwal dan diatur oleh Mahad d. Evaluasi diantaranya ada evaluasi harian, evaluasi bulanan, insidentil, evaluasi tahunan. 2. Kelebihan Boarding School yaitu: a. Hafalan Al-quran yang bagus dan benar, b. disediakan program pendidikan lebih tentang ilmu-ilmu agama (tafaqquhfid-dien) yaitu diajarkan kitab-kitab klasik dan dibidang tahfidz Al-qur’an dengan metode setoran hafalan dan adanya pembelajaran tentang tajwid untuk pemula. c. memfasilitasi para santri dalam kegiatan-kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik, d. Ustadz dan ustadzah yang berpengalaman dalam bidang tahfidz al-qur’an dan Sarjanam e. Pembelajaran yang sudah terintegratif dengan pembelajaran disekolah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 May 2020 21:46
Last Modified: 17 Jun 2020 02:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8049

Actions (login required)

View Item View Item