ZAKAT UNTUK BEASISWA PENDIDIKAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (STUDI DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH KOTA SALATIGA)

Kamalin, Yayuk (2016) ZAKAT UNTUK BEASISWA PENDIDIKAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (STUDI DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH KOTA SALATIGA). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
YAYUK.Kamalin.22209002.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Zakat untuk Beasiswa Pendidikan dalam Tinjauan Hukum Islam (Studi di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah Kota Salatiga). Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konsep penyaluran zakat untuk beasiswa pendidikan yang dilakukan oleh LAZISMU Kota Salatiga, bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap penyaluran zakat untuk beasiswa pendidikan yang dilakukan oleh LAZISMU Kota Salatiga Sesuai dengan pendekatan kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting sekali mengingat peneliti bertindak langsung sebagai pengumpul data dari hasil observasi dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diambil dari para informan/responden pada waktu mereka diwawancarai. Dengan kata lain data-data tersebut berupa keterangan dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Keseluruhan data tersebut selain wawancara diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu mengadakan reduksi data, penyajian data, dan tahap akhir menganalisa data sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep penyaluran zakat untuk beasiswa pendidikan yang dilakukan oleh LAZISMU adalah dengan cara datang langsung ke kantor atau dengan cara jemput zakat, Sedangkan penyaluran zakat untuk beasiswa pendidikan menurut tinjauan hukum islam adalah ditasharufkan atas dasar penafsiran secara umum tentang arti fi sabilillah. Artinya bahwa arti jihad dewasa ini tidak lagi dalam bentuk peperangan yang menggunakan senjata, akan tetapi bahwa segala perbuatan yang bertujuan untuk mengembalikan Hukum Islam dan mengagungkan agama Allah, maka termasuk jihad, baik melalui sektor ekonomi, politik ataupun pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 May 2016 03:53
Last Modified: 31 May 2016 03:53
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item