PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR CHECK DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 DI MIN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Salim, Nur (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR CHECK DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 DI MIN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098 2-61.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nur Salim 23040160098 2-61.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Nur Salim 23040160098 PDF-914.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salim,nur. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Check Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Semester 2 Di MIN Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Think Pair Check Dan Media Gambar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Check Dan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Sumber daya Alam bagi siswa kelas IV MIN Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Salatiga. Dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, soal tesdan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Check Dan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar belajar IPS materi Sumber daya Alam siswa kelas IV MIN Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 26,46% dan Siklus I ke Siklus II 20,59 %. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai pada setiap siklusnya. Dari 34 siswa, pada pra siklus terdapat 14 siswa (41,18%) yang tuntas belajar, 20 siswa (58,82%) tidak tuntas belajar. Siklus I terdapat 23 siswa (67,64%) yang tuntas belajar, 11 siswa(32,36%) tidak tuntas belajar. Siklus II terdapat 30 siswa (88,23%) yang tuntas belajar, 4 siswa (11,77%) tidak tuntas belajar. Siswa yang tidak tuntas belajarpada siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa pengayaan dan remidi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jun 2020 11:13
Last Modified: 21 Jun 2020 05:19
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8104

Actions (login required)

View Item View Item