PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI SOPAN SANTUN BERKOMUNIKASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN WUJIL 01 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Fauziyah, Linna (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI SOPAN SANTUN BERKOMUNIKASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN WUJIL 01 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
LINNA FAUZIYAH.11510018.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Wujil 01Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015 masih tergolong rendah. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan media pembelajaran baru yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Media pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan Media Audio Visual. Pertanyaan yang ingin dijawab apakah penerapan media Audio Visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Wujil 01 tahun pelajaran 2014/2015 ? Penelitian ini merupakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 01 Kec.Bergas Kab. Semarang. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).PTK terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data maka kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi sopan santun berkomunikasi pada siswa kelas IV di SDN Wujil 01 Kec. Bergas Kab. Semarang. Terbukti pada siklus I dari 25 siswa baru 15 (60%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II 19 (76%) siswa yang telah mencapai nilai KKM dan siklus III tercatat 22 (88%) siswa telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 May 2016 06:29
Last Modified: 31 May 2016 06:29
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item