PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA ABBASIYAH MENGGUNAKAN METODE GUIDE NOTE TAKING (GNT) PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Arrosyid, Muhammad Harun (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA ABBASIYAH MENGGUNAKAN METODE GUIDE NOTE TAKING (GNT) PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
MUHAMMAD HARUN ARROSYID.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Arrosyid.2020. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Abbasiyah Menggunakan Metode Guide Note Taking (GNT) Pada Siswa Kelas VIII A SMP N 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Hj. Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Metode Guide Note Taking Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Guide Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah pada siswa VIII A SMP N 4 Salatiga. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa, yakni 12 siswa laki-laki dan 28 siswi perempuan. Penelitian dilakukan selama 8 hari, mulai tanggal 2 September 2019 sampai 9 September 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perenvcanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan peneliti adalah membandingkan nilai pencapaian KKM yang ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya.Kelebihan PTK ialah lebih praktis dan langsung relevan. Berdasarkan hasil peneltian pada siklus I dan II, diperoleh data seperti berikut : KKM pada mata pelajaran PAI adalah 70, sebelum mengunakan metode Guide Note Taking hanya ada 16(40%) siswa yang tuntas, sedangkan 24(60%) siswa belum mencapai KKM. Siklus I dilaksanakan mengalami peningkatan, 28(70%) siswa yang tuntas, sedangkan 12(30%) siswa belum mencapai KKM. Setelah dilakukan refleksi pada siklus II, terjadi peningkatan sebanyak 36(90%) siswa tuntas dan 4(10%) siswa belum mencapai KKM. Secara Klasikal, siklus akan berhenti apabila mendapat skor nilai ? 85% dari total siswa dalam satu kelas. Untuk siswa yang belum tuntas akan diberikan remidial khusus oleh guru. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Guide Note Taking , hasil belajar PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah siswa VIII A SMP N 4 Salatiga meningkat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jun 2020 12:03
Last Modified: 08 Jun 2020 02:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8124

Actions (login required)

View Item View Item