PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF POWER POINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Amalia, Nida''Ilmi (2020) PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF POWER POINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dengan bantuan media interaktif powerpoint terhadap tingkat minat belajar, (2) mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dengan bantuan media interaktif powerpoint terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dimana penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas kontrol (VII F) dan kelas eksperimen (VII E) dengan jumlah siswa 32 orang pada masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket respon, lembar observasi dan soal. Metode pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan penilaian pretest serta posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Adapun persentase hasil dari angket respon, adalah sebagai berikut : 25% dari 32 siswa memiliki minat belajar yang sangat tinggi, 31% dari 32 siswa memiliki minat belajar yang tinggi dan 44% siswa cukup memiliki minat belajar dalam materi klasifikasi makhluk hidup. Hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi (0,001) < 0,05, dengan persamaan regresi yaitu Y = 85,938 + 5,625X, maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif power point berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning ; media interaktif powerpoint ; minat belajar ; hasil belajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2020 21:18
Last Modified: 04 Jun 2020 16:45
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8192

Actions (login required)

View Item View Item