PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SEKOLAH DASAR NEGERI ROGOMULYO 02 KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG 2019

Af'idah, (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SEKOLAH DASAR NEGERI ROGOMULYO 02 KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Al Qur'an Di Sekolah Dasar Negeri Rogomulyo 02 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang 2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Af ‘ idah. Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri Rogomulyo 02 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Miftahuddin, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya bahan ajar berupa modul untuk siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar modul pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang efektif dan efisien. Subjek dari penelitian ini adalah 23 siswa kelas V SD Negeri Rogomulyo 02 Kecamatan Kaliwungu ditambah validasi dari dua ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes (Pretest dan Posttest). Metode pengembangan modul pembelajaran baca tulis al-Qur’an menggunakan langkah-langkah Research and development yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan tersebut terdiri atas 1) penelitian pendahuluan, 2) desain produk, 3) validasi, 4) penerapan produk, dan 5) analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, modul pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang disusun oleh peneliti, dapat meningkatkan prestasi belajar berupa perolehan nilai rata-rata siswa berada diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Kesimpulan tersebut didasarkan pada pengolahan data pre-test sebesar 64,52 dan post-test sebesar 77,86 dengan menggunakan data Paired Samples T- Test dihasilkan data korelasi rata-rata 0,806 dan nilai signifikansi 0,000. Hasil penghitungan Paired Samples Tes diketahui nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000 ? 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan modul pembelajaran baca tulis al-Qur’an siswa buktinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pre-test dan post-test siswa atau sudah memenuhi nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di sekolah. Artinya pengembangan modul dapat meningkatkan hasil belajar baca tulis al-Qur’an siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Baca Tulis Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2020 09:09
Last Modified: 08 Jun 2020 09:09
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8210

Actions (login required)

View Item View Item