PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS VII A SMP N 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Lianawati, Defi Candra (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS VII A SMP N 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PDF.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lianawati, Defi Candra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan pada Siswa Kelas VII A SMP N 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Winarno, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Probing-prompting, Hasil Belajar, Matematika, dan Operasi Hitung Bilangan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dengan model pembelajaran konvensional, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting terhadap hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimenatau eksperimen semu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol SMP N 4 Salatiga, masing-masing berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan denganindependent sample t test dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting sangat membantu proses pembelajaran siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen 81,97 dan ratarata kelas kontrol 70,19. Kemudian dari hasil uji independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaraan kooperatif tipe probing-prompting dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan terdapat pengaruh sebesar 59,8% antara dua variabel dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting terhadap hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan pada siswa kelas VII SMP N 4 Salatiga.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2020 10:04
Last Modified: 08 Jun 2020 10:04
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8213

Actions (login required)

View Item View Item