PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERLAWANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Pangestu, Landiana Bekti (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERLAWANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Landiana Bekti pangestu 23060150017.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pangestu, Landiana Bekti. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Benda Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 Sumberlawang Tahun 2019/2020. Skripsi. Program Studi Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, M.Pd, S.Pd Kata Kunci: hasil belajar, metode pembelajaran Make a Match, gaya dan hukum newton Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gerak benda pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberlawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini siswa yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 14 putra dan 12 putri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil siklus I dapat diketahui rata-rata hasil belajar siswa adalah 30,76% sebanyak 8 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 18 siswa belum tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk Kriteria Ketuntasan Minimum sendiri adalah 75. Sedangkan pada siklus II rata-rata mencapai 92,30% dengan 24 siswa yang sudah tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) dan 2 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Melihat kenaikan yang didapat dari siklus II maka dengan indikator keberhasilan sudah tercapai maka penelitian diberhentikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gerak benda pada siswa kelas VIII SMP N 2 Sumberlwang

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2020 11:25
Last Modified: 08 Jun 2020 11:25
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8216

Actions (login required)

View Item View Item