EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI SALATIGA PADA MATERI BANGUN RUANG

Silvia, Dines Angga (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI SALATIGA PADA MATERI BANGUN RUANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
jadi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah menengah yang monoton membuat pemahaman konsep siswa rendah. Hasil nilai dari 128 siswa yang peneliti dapatkan dari salah satu guru matematika di MTs Negeri Salatiga hanya 37% siswa yang nilainya diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 73 yang ditetapkan MTs Negeri Salatiga atau hanya ada 47 siswa yang nilainya diatas KKM. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang kurang tepat. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi matematika dengan proses berpikir, berdiskusi, dan berbagi antara siswa, guru, dan bahan ajar yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar-mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII materi bangun ruang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan bersifat kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII MTs Negeri Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel digunakan teknil Cluster Random Sampling, dimana sampelnya adalah 32 siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Variabel yang diteliti adalah pemahaman konsep yang diperoleh dari tes tertulis berupa pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji mann whitney) terhadap nilai n-gain yaitu nilai posttest dikurangi nilai pretest dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran ekspositori, dengan seperti itu maka pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2020 14:09
Last Modified: 08 Jun 2020 14:09
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8221

Actions (login required)

View Item View Item