EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MOBILE LEARNING ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PRASETYO, EGA WISNU (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MOBILE LEARNING ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
EGA WISNU PRASETYO_23060160001_TADRIS IPA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Prasetyo, Ega Wisnu. 2020. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Mobile Learning Android Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Kata Kunci: efektivitas; direct instruction; mobile learning android; sistem pernapasan manusia; hasil belajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran direct instruction berbantuan mobile learning android terhadap hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu, kelas kontrol (kelas yang tidak menggunakan bantuan media pembelajaran berbasis mobile learning android) dan kelas eksperimen (kelas yang menggunakan bantuan media pembelajaran berbasis mobile learning android). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pabelan, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas VIII D dipilih sebagai kelas kontrol dikarenakan kelas tersebut memiliki tingkat pemahaman dalam pembelajaran yang lebih baik, kelas VIII C dipilih sebagai kelas eksperimen dikarenakan kelas tersebut mudah untuk dikondisikan dengan model dan media pembelajaran yang akan diberikan. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (penggunaan model pembelajaran direct instruction berbantuan media pembelajaran berbasis mobile learning android) dengan variabel terikat (hasil belajar siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal yang telah diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tngkat kesukaran, dan uji daya beda. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dengan dilakukan pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t-test menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung (5,894) > ttabel (1,669) dan nilai P value sebesar (0,00 < 0,05), maka hipotesis Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran direct instruction berbantuan media pembelajaran berbasis mobile learning android efektif terhadap hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pabelan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2020 07:08
Last Modified: 11 Jun 2020 04:32
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8255

Actions (login required)

View Item View Item