Pengembangan Adobe Flash Player CS7 Berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan

hayati, Nofrita mauliza (2020) Pengembangan Adobe Flash Player CS7 Berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Nofrtita Fix pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hayati, Nofrita Mauliza. 2020. Pengembangan Adobe Flash Player CS7 berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Hj Maslikhah S.Ag,.M.Si. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Terintegrasi Sains dan agama, Adobe Flash Player CS7, Ekosistem dan rantai makanan. Bahan ajar merupakan alat yang berisi materi digunakan dalam pembelajaran beserta evaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik. Pengembangan Adobe Flash Player CS7 berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan untuk kelas VB di MI Imam Puro Cangkrep Kidul Purworejo didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya bahan ajar yang berintegrasi sains dan agama khususnya untuk peserta didik, ketersediaan sarana dan prasarana yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan langkah ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang Pengembangan Adobe Flash Player CS7 berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan, Design membuat rancangan produk Adobe Flash Player CS7 berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan. Development mengembangkan Adobe Flash Player CS7 kemudian mendapat penilaian dari tim ahli guna perbaikan; Implementation mengimplementasikan Adobe Flash Player CS7 berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa; dan Evaluation hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pengembangan Adobe Flash Player CS7 berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan sangat layak. Jumlah subjek penelitian adalah 24 siswa. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Jenis instrument yang digunakan adalah angket pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) guru dan siswa membutuhkan bahan ajar yang inovatif, kreatif, dan menarik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) bentuk pengembangan Adobe Flash Player CS7 berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan melalui langkah analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi; dan 3) Adobe Flash Player CS7 berbasis Bahan Ajar Terintegrasi dengan Sains dan Agama Pada Materi Ekosistem dan Rantai Makanan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi ekosistem dan rantai makanan ( uji paired sample t test , p = 0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2020 13:10
Last Modified: 22 Jun 2020 01:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8257

Actions (login required)

View Item View Item