PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI POWTOON TERINTEGRASI DENGAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Subkan, Aly (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI POWTOON TERINTEGRASI DENGAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Aly Subkan 12020180038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Matematika yang inovatif dan efektif di MI Miftahut Thulab Brambang, Karangawen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa MI Miftahut Thulab Brambang Karangawen khususnya pada mata pelajaran Matematika materi KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar). Model penelitian ini adalah model ADDIE yaitu jenis penelitian pengembangan R&D. Analisa kebutuhan dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media pembelajaran Matematika melalui aplikasi seperti powtoon, sedangkan Design produk dirancang menggunakan powtoon yang terintegrasi dengan powerpoint. Pengembangan atau Development yakni mengembangkan produk media powtoon terintegrasi. Implementation merupakan langkah mengimplementasikan media pembelajaran Matematika dengan media powtoon sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selanjutnya Evaluation menunjukkan bahwa media pembelajaran Matematika menggunakan aplikasi powtoon pada materi KPK dan FPB dapat meninggkatkan hasil belajar siswa. Jumlah subjek penelitian adalah 40 siswa. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangkan media powtoon efektif digunakan sebagai media alternatif untuk menyampaikan pembelajaran pada materi KPK dan FPB. Media pembelajaran ini dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan persentase total sebesar 87,50%, ahli materi dengan persentase sebesar 90,00 %. Media pembelajaran ini dinyatakan sangat valid ditunjukkan dengan rata-rata 3,58. Efektif berdasarkan uji efektivitas dengan hasil uji kelompok kecil dengan persentase total sebesar 92 % dan uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar 90%. Hasil penerapan media menggambarkan efektifitas media ternilai tinggi dengan skor rata-rata kelas naik 45% dari 60,5 menjadi 87,5. Nilai ketuntasan naik dari 45% menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2020 06:59
Last Modified: 12 Jun 2020 06:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8259

Actions (login required)

View Item View Item