penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan Classroom Assessment terhadap hasil belajar Matematika materi pokok bangun ruang (balok)  peserta didik kelas V MI Miftahul Ulum I dan II Honggosoco

AYUNI, DYAH QURROTA (2020) penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan Classroom Assessment terhadap hasil belajar Matematika materi pokok bangun ruang (balok)  peserta didik kelas V MI Miftahul Ulum I dan II Honggosoco. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS PDF FIX AYU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS PDF FIX AYU (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK<br> <br> Dyah Qurrota A’yuni, Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan Classroom Assessment. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Noor Malihah, S.Pd., M.Hum., Ph.D.<br> <br> Tesis ini membahas efektivitas Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan Classroom Assessment terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada materi balok di MI Miftahul Ulum I dan II tahun pelajaran 2019/2020. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap matematika yang pada dasarnya berkaitan erat dengan hal nyata yang ada disekitarnya. Dari penelitian yang telah dilakukan mengenai efektivitas penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan Classroom Assessment terhadap hasil belajar Matematika materi pokok bangun ruang (balok)&nbsp; peserta didik kelas V MI Miftahul Ulum I dan II Honggosoco tahun ajaran 2019/2020, penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dan diperoleh kesimpulan bahwa, berdasarkan analisis data dan pembahasan yang dikemukakan sebelumnya pada bab IV dan juga berdasarkan uji rata-rata satu pihak, maka analisis hasil belajar berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak&nbsp; diperoleh&nbsp; = 3,832 dan&nbsp; = 2,011. Karena thitung &gt; ttabel, maka signifikan dan hipotesis yang diajukan dapat diterima. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pengajaran dengan menerapkan pengembangan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan Classroom Assessment lebih baik yaitu 66,64 dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 54,92.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:16
Last Modified: 15 Jun 2020 02:16
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8272

Actions (login required)

View Item View Item