EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FAUZAN, MUHAMMAD TRI (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Fauzan.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fauzan, M, T. 2020. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Kalor dan Perpindahannya Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Budiyono Saputro M.Pd. Kata Kunci : Discovery Learning, Schoology, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Media Schoology terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental semu dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga dengan jumlah 263 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VII-C (kelas eksperimen) dan kelas VII-D (kelas kontrol) SMP Negeri 1 Salatiga dengan masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal dan dokumentasi. instrumen penelitian ini meliputi soal pilihan ganda observasi dan angket . Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sejarah sekolah, profil sekolah, daftar nama siswa yang digunakan dalam penelitian, Penilaian Tengah semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Berdasarkan Hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 76.42 dan 71.60 kemudian dari hasil uji t-test diketahui harga t hitung = -2.011, df = 54, dan Sig (2-tailed) sebesar 0.049 < 0.05 dan t hitung > t tabel yaitu 1.848 > 1.70113 menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media schoology efektif terhadap hasil belajar IPA materi kalor dan perpindahannya

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2020 21:38
Last Modified: 15 Jun 2020 21:38
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item