Pola Pembinaan Pergaulan Islami Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Pringsurat Kab. Temanggung Tahun Ajaran 2019/2020

Niam, Ahmad Ngalika (2020) Pola Pembinaan Pergaulan Islami Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Pringsurat Kab. Temanggung Tahun Ajaran 2019/2020. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. M. Ghufron, M.Ag Kata Kunci: Pola Pembinaan, Guru PAI, Pergaulan Islami Madrasah Tsanawiyah Darul Falah dengan latar belakang pondok pesantren mengalami permasalahan yang sama akan umumnya pergaulan remaja. Di sekolah itu sebagian kecil dari siswanya ada yang berangkat dari rumah atau tidak bermukim di pondok, sehingga ada kemungkinan memberi pengaruh pergaulan pada siswa yang tinggal di pesantren. Tapi tidak bisa mutlak dikatakan seperti itu, ada kemungkinan-kemungkinan lain yang mempengaruhi pergaulan islami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui secara jelas persoalan tentang pergaulan Islami siswa kelas VIII MTs Darul Falah Pringsurat Kab. Temanggung. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni wawancara dengan Kepala Madrasah, Guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas VIII serta sumber sekunder berupa foto-foto kegiatan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian Pergaulan Islami Siswa MTs Darul Falah kelas VIII, dapat disimpulkan bahwa : (1) Pergaulan Islami Siswa MTs Darul Falah kelas VIII menurut data yang ada, sejauh ini bisa dikatakan kondusif, kenakalan siswanya masih dalam kategori wajar. (2) Pola pembinaan pergaulan Islami yang diterapkan di MTs Darul Falah Pringsurat menggunakan pola demokratis. (3) Faktor penghambatan dalam pembinaan pergaulan Islami MTs Darul Falah terdiri dari hambatan internal dan eksternal. Adapun yang internal itu karena letak gedung MTs Darul Falah yang masih terpisah-pisah, belum adanya bentuk evaluasi yang tepat dan kurang adanya kesadaran peserta didik untuk melakukan pergaulan yang baik. Sedangkan hambatan dari luar adalah pengaruh pergaulan dari luar yang dibawa oleh peserta didik yang nglaju ditambah kurang adanya kerjasama antara pihak Madrasah dengan orang tua siswa. Hambatan-hambatan tersebut dapat diminimalisir dengan cara (a) meningkatkan kualitas guru dan juga staf Madrasah (b) memperdayakan guru piket dan OSIS (c) menjalin kerjasama antara pihak Madrasah dengan orang tua Siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2020 01:03
Last Modified: 16 Jun 2020 18:11
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8292

Actions (login required)

View Item View Item