PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020 PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI

SOPIYATUN, SITI (2020) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020 PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Siti Sopiyatun .pdf

Download (6MB)

Abstract

Sopiyatun, Siti. 2020. Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020 Pada Materi Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Keefektifan; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Snowball Throwing; Hasil Belajar Matematika. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga, 2) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga, 3) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat quasi experimental (eksperimen semu). Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (X1) dan Snowball Throwing (X2) dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika (Y). Instrumen penelitian menggunakan soal tes, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pedoman observasi keterlaksanaan pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Kesamaan Rata-rata, dan Uji Efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif daripada model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata gain antara kelas eksperimen 1 lebih besar daripada rata-rata gain pada kelas kontrol. Dengan rata-rata gain kelas eksperimen 1 adalah 0,4546 dan rata-rata gain pada kelas kontrol adalah 0,3109. Lebih lanjut, model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih efektif daripada model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata gain antara kelas eksperimen 2 lebih besar daripada rata-rata gain pada kelas kontrol. Dengan rata-rata gain kelas eksperimen 2 adalah 0,5258 dan rata-rata gain pada kelas kontrol adalah 0,3109. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih efektif daripada tipe Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata gain antara kelas eksperimen 2 lebih besar daripada gain kelas eksperimen 1. Dengan rata-rata gain pada kelas eksperimen 2 adalah 0,5268 dan rata-rata gain pada kelas eksperimen 1 adalah 0,4546.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2020 15:05
Last Modified: 24 Jun 2020 06:20
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8307

Actions (login required)

View Item View Item