PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN KELAS VII-C SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Hartinah, Siti (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN KELAS VII-C SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI HARTINAH - 23060150054 - T IPA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hartinah, Siti. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan Kelas VIIC SMP Negeri 1 Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri 1 Salatiga. Pembimbing : AnggunZuhaida, M. Pd. Kata Kunci: problem based learning, question student have, hasil belajar, energi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penggunan model problem based learning dengan metode question student have terhadap hasil belajar siswa. (2) Hubungan model problem based learning dengan metode question student have tehadap hasil belajar siswa. (3) Pengaruh model problem based learning dengan metode question student have terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga sejumlah 57 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan Teknik Purpose Sampling terdiri dari 2 kelas yaitu VII-C (kelas eksperimen) dan VII-B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan soal, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi soal dan angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dengan metode question student have sangat membantu proses pembelajaran. Hasil tersebut dapat dilihat pada hasil angket yang menunjukkan bahwa sebanyak 55,9% dan 31% siswa dengan jawaban sangat setuju dan setuju dengan penggunaan model problem based learning dengan metode question student have dalam proses pembelajaran. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,735 antar variabel yang dihubungkan dan hasil uji regresi menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,002 (< 0,05), dengan persamaan Y= 17,305 + 0,904 X artinya setiap penambahan 1% model problem based learning dengan metode question student have terhadap hasil belajar siswa akan meningkat 0,974, serta terdapat pengaruh sebesar 32% antara dua varibel sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model problem based learning dengan metode question student have terhadap hasil belajar siswa pada materi energi dalam sistem kehidupan kelas VII-C SMP Negeri 1 Salatiga.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2020 15:14
Last Modified: 17 Jun 2020 08:16
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item