KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBUATAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Fikri, Alfarobi Brillian (2020) KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBUATAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Alfarobi Brillian Fikri-23040160083.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fikri, Alfarobi Brillian. 2020. Kemampuan Guru dalam Pembuatan Soal Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Muatan IPS Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M. Si. Kata Kunci: Soal Higher Order Thinking Skill, Pembelajaran Tematik IPS. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam pembuatan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada pembelajaran tematik muatan IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) guru belum mempunyai pemahaman yang baik mengenai pembuatan soal HOTS pada pembelajaran tematik muatan IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020; (2) guru belummempunyai kemampuan yang baik dalam pembuatan soal HOTS pada pembelajaran tematik muatan IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020; (3) Madrasah Ibtidaiyah Jombor belum mampu menerapkan Kurikulum 2013 yang berorientasi pada pembelajaran HOTS; (4) guru masih mengalami kendala dalam pembuatan soal HOTS pada pembelajaran tematik muatan IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2020 22:04
Last Modified: 18 Jun 2020 14:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item View Item