Implementasi Empat Pilar Pendidikan Dalam Pembinaan Akhlak Santri Pondok Pesantren Roudhlotul Tholibin Wathullab Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo

SANIYAH, SITI (2020) Implementasi Empat Pilar Pendidikan Dalam Pembinaan Akhlak Santri Pondok Pesantren Roudhlotul Tholibin Wathullab Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ACC Skripsi siti saniya.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saniyah, Siti. 2020. Implementasi Empat Pilar Pendidikan Dalam Pembinaan Akhlak Santri Pondok Pesantren Roudhlotul Tholibin Wathullab Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun 2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Rasimin, M. Pd. Kata Kunci : Empat Pilar Pendidikan ; Pembinaan Akhlakul Karimah Tujuan penulisan skripsi ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan Implementasi Empat Pilar Pendidikan di Pondok Pesantren Roudlotutlh Tholibin Waththullab Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. 2). Untuk mendeskripsikan Dampak Implementasi Empat Pilar Pendidikan dalam Pembinaan Akhlak santri di Pondok Pesantren Roudlotutlh Tholibin Waththullab Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data di peroleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan yang di canangkan oleh UNECSO mengenai empat pilar pendidikan sejalan dengan semua kegiatan - kegiatan yang ada di pondok pesantrren Roudhlotul Tholibin Wathullab. Mulai dari kegiatan learning to know sebagai sarana untuk menambah pengetahuan santri seperti kegiatan belajar mengajar kitab kuning yang mencakup ilmu syariat seperti fiqih, tauhit, mantiq, balaghoh, nahwu dan sorof. Learning to do di pondok pesantren ini yaitu disediakannya berbagai fasilitas seperti koperasi, klinik kesehatan. Selain itu ada program tahsinul khot dan tahsinul qiro’ah sebagai sarana untuk mengembangkan potensi santri. Kegiatan Learning to be salah satunya dengan adanya program khitobah dan rebana dimana dari kegiatan tersebut santri dibentuk untuk memiliki rasa percaya diri dan berani untuk tampil di depan umum. Point terakhir dari pilar ini adalah learning to live together mulai dari kegiatan membersihkan lingkungan pondok pesantren seperti halaman pesantren, kamar mandi, dan sebagainya. Sedangkan untuk pembinaan akhlakul karimah santri dilakukan dengan cara menanamkan pemahaman antara akal dan logika santri, sehingga akan tertanam jiwa takut kepada Allah dengan sendirinya, dan untuk melatih sifat sabar,iffah,adil, dan berani para santri melakukan kegiatan riadhoh seperti puasa naun, tidak pulang beberapa tahun, ngrekes, dan ngrowot. Selain itu disetiap kelas sudah diajarkan tentang akhlak, seperti akhlakul banat dan akhlakul banin.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2020 05:51
Last Modified: 18 Jun 2020 02:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8321

Actions (login required)

View Item View Item