IMPLEMENTASI PROGRAM TA’LIMUL FALAHIYAH AL-ISLAMIYAH (TFI) DALAM MEMBANGUN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH SALATIGA TAHUN 2020

NASIKHIN, MOCH MAHDIYAN (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM TA’LIMUL FALAHIYAH AL-ISLAMIYAH (TFI) DALAM MEMBANGUN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH SALATIGA TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Mahdiyan N.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nasikhin, Moch Mahdiyan. 2020. Implementasi Program Ta?limul Falahiyah Al Islamiyah (TFI) Dalam Membangun Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga Tahun 2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Miftahuddin, M.Ag. Kata Kunci :Implementasi Program, Kedisiplinan Santri, Pondok Pesantren. Pada saat ini sering muncul bahwa generasi muda zaman sekarang sulit diatur. Salah satu penyebabnya ialah tidak cocoknya sistem yang digunakan oleh lembaga pendidikan dalam menanamkan nilai kedisiplinan terhadap siswa. Oleh karenanya, Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah memiliki satu program yaitu program Ta?limul Falahiyah Al Islamiyah (TFI) sebagai salah satu program yang bergerak dalam bidang kedisiplinan guna mendisiplinkan santri dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti Implementasi Program Ta?limul Falahiyah Al Islamiyah (TFI) Dalam Membangun Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga Tahun 2020. Pertanyaan utama yang akan dijawab oleh peneliti adalah (1) Bagaimana pelaksanaan program Ta?limul Falahiyah Al-Islamiyah (TFI) di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga? (2) Bagaimana kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga? (3)Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi program Ta?limul Falahiyah Al-Islamiyah (TFI) dalam Membangun Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Subjek penelitian ini adalah pengurus program Ta?limul Falahiyah AlIslamiyah (TFI), Santri dan kegiatan pembelajaran yang ada di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: pertama, implementasi program Ta?limul Falahiyah Al-Islamiyah (TFI) dilaksanakan ketika proses pembelajaran baik itu Madrasah Diniyah maupun sekolah umum (SMP/SMK), diawali dengan melakukan apel pengecekan santri, kemudian mengarahkan santri agar masuk ke dalam kelasnya masing-masing. Kedua, kedisiplinan santri Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah sudah baik, terutama dalam hal menaati peraturan yang ada dan melaksanakan kegiatan pesantren dengan baik. Namun untuk manajemen waktu masih kurang. Beberapa masih ada yang terlambat saat kegiatan pesantren. Ketiga, faktor pendukung yang paling menonjol dari program Ta?limul Falahiyah Al-Islamiyah (TFI) ialah saling berkesinambungannya antara peraturan pondok dengan peraturan yang ada di program Ta?limul Falahiyah Al-Islamiyah (TFI), faktor penghambatnya diantaranya ialah sangat minimnya anggota yang tergabung dalam program Ta?limul Falahiyah Al-Islamiyah (TFI).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2020 13:44
Last Modified: 18 Jun 2020 13:44
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8339

Actions (login required)

View Item View Item