PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN CORPORATE IMAGE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada PT Bank Syariah Mandiri Kota Denpasar)

Sulastri, Sulastri (2015) PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN CORPORATE IMAGE DAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada PT Bank Syariah Mandiri Kota Denpasar). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Sulastri.21311041.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap corporate image (2) pengaruh penerapan CSR terhadap kepuasan nasabah (3) pengaruh corporate image terhadap loyalitas nasabah (4) pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah (5) pengaruh penerapan CSR terhadap loyalitas nasabah (6) pengaruh penerapan CSR terhadap loyalitas nasabah dengan citra perbankan dan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah PT Bank Syariah Mandiri Denpasar. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel 100 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Image (CI), Kepuasan Nasabah (KN) dan Loyalitas Nasabah (KN). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data yang diperoleh diolah dengan alat bantu SPSS versi 20. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi, uji statistik dan uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji multicollinearity, uji heteroscendasticity, uji normality dan uji linearity. Berdasarkan hasil analisis regresi pada taraf signifikan 5% menunjukkan (1) CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap corporate image (2) CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (3) Corporate image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (4) kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (5) CSR berpengaruh positif namun belum signifikan terhadap loyalitas nasabah (6) variabel CSR tidak dapat berpengaruh langsung terhadap loyalitas tanpa dimediasi oleh corporate image dan kepuasan nasabah dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,661 artinya bahwa kontribusi variabel variabel CSRCI/variabel CSR yang dimediasi oleh corporate image dan CSRKN/variabel CSR yang dimediasi oleh kepuasan nasabah terhadap variabel loyalitas nasabah adalah sebesar 66,1%, sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar model.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2016 08:10
Last Modified: 07 Jun 2016 08:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item