PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU HITUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV

Miftahuddin, Mohammad (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU HITUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS MOHAMMAD MIFTAHUDDIN FIX.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Mohammad Miftahuddin. 2019. Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Permainan Kartu Hitung, Media Pembelajaran Inovatif, Media Permainan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan kartu hitung yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam operasi hitung perkalian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dan monotone membuat siswa jenuh dalam belajar. Matematika masih menjadi muatan pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Sebagian besar siswa belum menguasai operasi hitung perkalian. Pembelajaran matematika yang dilakukan belum menggunakan media pembelajaran dan masih menggunkan cara lama untuk menghafal perkalian. Hasil nilai ulangan matematika rendah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang pengembangan permainan kartu hitung; Design dilakukan sesuai kebutuhan; Development dilakukan berdasarkan masukan dari tim ahli untuk menyempurnakan produk; Implementation dilakukan pada siswa kelas IV sebagai penunjang pembelajaran; dan Evaluation diperlukan untuk mengukur kelayakan dan efektifitas penggunaan produk. Penelitian dilakukan dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan analisis datanya menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, 1) Pengembangan permainan kartu hitung sangat dibutuhkan untuk membuat pembelajaran menjadi menarik dan kemampuan berhitung anak meningkat; 2) Pengembangan permainan kartu hitung dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE, menurut penilaian ahli media dan ahli materi permainan kartu hitung dikatakan layak dengan persentase kelayakan 97% dan 94,44%; dan 3) Nilai signifikansi (2 tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan kartu hitung efektif digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian pada muatan pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2020 21:05
Last Modified: 18 Jun 2020 14:07
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item