NILAI NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU TUHAN PUN BERPUASA (KARYA EMHA AINUN NADJIB)

Prasetyo, Alip Akhsani (2020) NILAI NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM BUKU TUHAN PUN BERPUASA (KARYA EMHA AINUN NADJIB). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Tuhan Pun Berpuasa Cetak.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Prasetyo, Akhsani, Alip. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Tasawuf dalam Buku Tuhan Pun Berpuasa Karya Emha Ainun Nadjib. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Dr. M. Gufron, M.Ag. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Tasawuf, Tuhan Pun Berpuasa Penelitian yang berjudul Nilia-Nilai Pendidikan Tasawuf dalam Buku Tuhan Pun Ber Puasa Karya Emha Ainun Nadjib ini dimaksudkan untuk menggali nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam buku tersebut. dari segi judulnya buku ini memang tidak secara eksplisit memuat tentang tasawuf, namun sesungguhnya isi dari buku ini mengandung nilai pendidikan tasawuf secara Tersirat berdasarkan pengalaman perjalanan Batin Emha dalam menjalani Thorqot Berpuasa. Dalam konteks sekarang nilai pendidikan tasawuf menjadi sangat penting di tengah kemajuan teknologi dan informasi yang semakin canggih dan global untuk di aplikasi dalam kehidupan sekarang kususnya kaum remaja. Pokok permasalahan dalam dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan tasawuf yang terkandung dalam buku Buku Tuhan Pun Ber Puasa Karya Emha Ainun Nadjib? 2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam buku Buku Musyawarah Tuhan Pun BerPuasa Karya Emha Ainun Nadjib dengan Konteks sekarang? Metode yang digunakan adalah Metode Hermeneutika Teks dan Metode Content Analysis (Analisis Isi). Data yang terkumpul dianalisi, dipelajari dan dideskripsikan. Selanjutnya memberikan gambaran, penjelasan, dan diuraikan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam buku Buku Tuhan Pun BerPuasa Karya Emha Ainun Nadjib, Seperti Cinta sebagai dorongan utama perjalanan batin, Puasa sebagai metode perjalanan batin, Puasa sebagai metode pengendalian diri, Berzuhud dari kekayaan dan kemiskinan, Puasa sebagai tingkat kesadaran manusia berdasarkan kepentingan, Puasa sebagai manajemen kebahagian, Tuhan berpuasa kepada makhluknya. Sementara relevansi nilai-nilai pendidikan tasawuf yang terkandung dalam buku Tuhan Pun Ber Puasa dalam konteks sekarang, Misalnya seperti aplikasi Penerapan manajemen puasa di dalam zuhud dari kekayaan dan zuhud dari kemiskinan dimana manusia tidak hanya belajar untuk tidak kaya, tapi juga belajar untuk tidak miskin. Karena kemiskinan yang berlebihan cenderung dekat dengan kekufuran tetapi juga kekayaan yang berlebihan cenderung dapat melunturkan kesolehan kita. Sehingga yang di butuhkan adalah manajemen keseimbangan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Tassawuf dan sufisme
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2020 13:02
Last Modified: 19 Jun 2020 06:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8370

Actions (login required)

View Item View Item